Materi dan Tips Agar Anda Lulus CPNS Tahun 2017

Aditif.info memberikan informasi lowongan kerja setiap hari dan selalu update, simak rekrutmen penting ini Masih banyak informasi lowongan penting dari perusahaan bonafit yang membuka lowongan kerja baru setiap harinya, jadi bookmark dan selalu buka lowongan kerja hari ini hanya di Aditif.info! Simak lowongan kerja hari ini ya…. Kamu bisa segera mempersiapkan diri^^

Aditif.info – Tingginya minat masyarakat Indonesia mengikuti penerimaan lowongan CPNS  sungguh terlihat, bahkan situs panitia CPNS pun kelabakan menghadapi pengunjung yang sangat banyak. Perlu diketahui bagi kalian yang ingin melamar CPNS, dimana tahun ini pelaksanaan Seleksi CPNS dibuka untuk periode ke II,  pemerintah menetapkan tiga kelompok materi Tips SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar kalian dapat lolos ke tahapan berikutnya, maka peserta harus bisa mencapai ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Berikut penjelasan Ketiga kelompok tersebut, agar kalian paham apa saja materinya :

  • TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia. Keempat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI). NKRI ini mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan. “TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain,” imbuh Suwardi.

Bagi kalian yang ingin punya persiapan menghadapi seleksi CPNS, pelajari Tips latihan CPNS dan tryoutnya  lengkap dengan jawaban dan pembahasannya disini : Latihan Tips CPNS

Selain ketiga kelompok tersebut, untuk lulus tes peserta masih akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Berdasarkan Permen PANRB No 20/2017 tersebut, materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Silakan manfaatkan kesempatan tahun ini, Semoga kamu lulus CPNS dan Selamat berjuang!

Add Comment

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...