Kumpulan Nama Desa-Desa Aneh Unik Lucu di Indonesia

Kali ini Aditif akan membahas tentang pemberian nama desa yang terdengar aneh dan lucu yang ada di Indonesia. Banyak sekali alasan mengapa nama nama desa tersebut menjadi sangat unik. Apakah hanya untuk gampang diingat, ataupun ada alasan tertentu. Mungkin beberapa dari sahabat Aditif ada yang berasal dari sana, kamu bisa menambahkan komentar dibawah.

Berikut ini nama-nama desa aneh dan lucu yang ada di Indonesia yang kami rangkum dari beberapa sumber.

  1. Desa Semut, Wonokerto, Pekalongan, Jateng

    Desa Semut berada di Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan. Dinamakan dengan desa semut, mungkinkah karena perempuan disana imut dan manis….^^

    Desa Semut, Wonokerto, Pekalongan, Jateng

  2. Desa Kandangsapi, kecamatan Jebres, Surakarta

    Desa ini terletak di kecamatan Jebres, Surakarta. Asal-muasal nama Kandangsapi di desa ini belum diketahui

    Desa Kandangsapi, kecamatan Jebres, Surakarta

  3. Dusun Koplak, Sleman, D.I.Y

    Dusun Koplak berada terletak di kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dusun Koplakini kurang lebih berada di jalan Kaliurang km 14.5, dusunnya berseberangan dengan kampus Universitas Islam Indonesia. Tidak jelas asal muasal nama desa tersebut berasal, namun nama desa ini cukup membuat orang yang melaluinya merasa geli. Pasalnya dalam bahasa Jawa ‘koplak’ diartikan sebagai ‘bodoh’, yang biasanya dipakai antar teman dalam konteks bersenda gurau.

    Dusun Koplak, Sleman, D.I.Y

  4. Desa Cawet, Pemalang, Jawa Tengah

    Desa pertama yang memiliki nama unik dan aneh adalah desa Cawet. Desa ini berada di kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Cawet berjarak 50 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Pemalang dan 10 km dari Pusat kecamatan Watukumpul. Dalam sejarahnya desa Cawet berasal dari kata “Cawitali” yang berarti nama leluhur atau orang pertama yang mendirikan desa.

    Karena unik, Desa Cawet biasanya sering dikaitkan dengan celana dalam oleh banyak orang. Padahal arti desa ini bukan itu tapi nama desa ini yang diambil dari leluhur desa ini

    Desa Cawet, Pemalang, Jawa Tengah

  5. Desa Bokong, Sleman, Jawa Tengah

    Desa Bokong adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kode posnya 85574. Bokong sangat berlimpah dengan hasil bumi pertanian seperti padi, jagung, pisang, ubi dan kelapa. Juga kaya dengan mineral seperti mangan. meski demikian akses ke desa ini sangat sulit karena infrastruktur jalan yang minim. Akses warga ke pelayanan seperti pendidikan, kesehatan dan air bersih juga sangat terbatas

    SD Bokong

  6. Desa Toket, Proppo, Pamekasan, Pulau Madura

    Desa Toket, mungkin sebagian orang akan berpikir yang aneh-aneh ketika mendengar nama desa satu ini.Eeeiittsss tapi jangan berpikir ngeres dulu desa ini bukan berisi – seperti yang anda bayangkan, desa ini terletak di Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Pamekasan, Kecamatan Proppo. Entah apa maksud dari nama desa ini yang jelas Desa Toket benar-benar ada.

    Desa Toket, Proppo, Pamekasan, Pulau Madura

  7. Desa Pacar Peluk, Jombang, Jawa Timur

    Pacar Peluk adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Desa yang dengan nama agak sedikit aneh ini memiliki Kodepos : 61457. pengangkatan nama desa ini masih kurang karena ketika di cari google, hanya segelintir yang menyertai gambaran desa disana. Namun ini merupakan pembuktian bahwa desa Pacar Peluk memang benar benar ada.

    Desa Pacar Peluk, Jombang, Jawa Timur

  8. Desa Kasmaran, Babat Toman, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

    Desa Kasmaran terletak +/- 25 km arah barat kota Sekayu, Sumsel. Konon Desa Kasmaran berkembang karena warga eks transmigrasi (dari Jawa) di seputar Sekayu pada membeli lahan dan membuka sawah. Sebuah desa yang terletak di Kota Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan ini mungkin adalah nama umum desa yang juga ada di beberapa wilayah Indonesia.

    Desa Kasmaran, Babat Toman, Sekayu, Sumatera Selatan

  9. Desa Danger, Lombok Timur

    Jika dieja dalam bahasa inggris mungkin berarti bahaya, namun tidak bagi desa ini karena kami percaya orang indonesia semuanya cinta pada sesama umat. Danger merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Masbagik, kabupaten Lombok Timur, provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa merupakan satu dari 7 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Masbagik. Desa ini memiliki kodepos 83661. Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Sasak. Terletak di bagian timur pulau Lombok.

    Desa Danger, Lombok Timur

  10. Desa Pocong, Bangkalan, Jawa Timur

    Desa Pocong terletak di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ini, Pada waktu dulu desa ini belum ada namanya karena jumlah penduduk pada waktu itu masih belum banyak dan desa ini masih berupa hutan dan banyak semak belukar. Suatu waktu ada salah satu dari anggota warga disini meninggal dunia, sesuai adat istiadat yang ada warga yang meninggal di kebumikan (di kubur) layaknya orang meninggal dunia biasa. Setelah malam tiba banyak warga masyarakat yang ketakutan karena ada pocongan (penampakan orang mati yang dibungkus kain kafan) yang berjalan kesana kemari melewati hutan-hutan, semak belukar dan pemukiman penduduk, kejadian ini berjalan sampai dengan 40 hari lamanya. Karena setiap ada orang meninggal dunia pasti menjadi pocongan, warga masyarakat sepakat membabat hutan dan semak belukar yang ada sehingga menjadi desa yang disebut Desa Pocong yang diambil dari cerita tersebut diatas.

    Desa Pocong, Bangkalan, Jawa Timur

  11. Desa Siluman, Subang, Jawa Barat

    Desa Siluman berada di kecamatan Paburan kabupaten Subang propinsi Jawa Barat. Desa Siluman berdiri tahun 1908 merupakan desa yang mata pencaharian penduduknya sebagian besar merupakan petani karena sekitaran Desa Siluman sebagian besar tanah pesawahan. Nama Siluman pada nama Desa merupakan nama sebuah sungai kecil yang dulu pernah ada yang bernama sungai ci silukman, karena pengejaan yang tanggung akhirnya berubah jadi sungai ci siluman. Sungai kecil ci siluman membelah desa dan mengarah ke desa kadawung, satu saluran dengan sungai ci tamiang. Penduduknya selain bekerja sebagai petani juga terkenal dengan industri rumahan yaitu mebel kursi/ kursi jok dan ukiran

    Desa Siluman, Subang, Jawa Barat

  12. Desa Setan, Secang, Magelang

    Kalo berbicara tentang setan pastilah dibenak kita akan terbayang hal-hal yang menakutkan. Apalagi sebagai seorang yang penakut, pasti langsung merinding kalau mendengar kata tentang “setan”. Lagipula makhluk astral ini juga dikenal sebagai tukang goda yang sangat ulung bagi umat manusia. Maka dari itu janganlah kita coba mendekati setan, jika kita tidak mau celaka. Namun pada kenyataannya banyak juga manusia yang mau berdekat-dekat dengannya, salah satunya yaitu anak-anak sekolah di salah satu dusun di desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang.

    Eits.. jangan salah!!! Mereka sengaja mendekati Setan bukan untuk belajar ilmu sesat dan ilmu menggoda manusia lho, tapi mereka sedang dalam proses menuntut ilmu, agar kelak bisa menjadi anak yang berguna bagi Nusa dan Bangsa. Dan nama tempat belajar mereka adalah SD NEGERI SETAN. Walaupun namanya aneh (SD N Setan), namun tidak ada pelajar dari dunia lain yang ditemukan bersekolah disini dan pengajarnya pun juga manusia biasa.

    Sekolah ini terletak di Jl. M Umar Baihaqi 1C Jalan Candiretno Secang Magelang, tepatnya di dusun Setan desa Candiretno. Selain itu di desa ini juga terdapat sebuah pemandian kuno yang terdapat disekitar sungai yang bernama KALI SETAN.

    Desa Setan, Secang, Magelang

  13. Desa Tutup, Tunjungan, Blora, Jateng

    Mungkin kita akan heran jika melihat papan nama dari kantor kepala desa ini, padahal bukan hari libur atau tanggal merah. Papan nama tersebut bukan berarti kantornya tutup tapi begitulah nama desa tersebut, yaaaa Desa Tutup. Desa ini terletak di Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

    Desa Tutup, Tunjungan, Blora, Jateng

Sahabat Aditif masih banyak nama desa ataupun dusun yang tidak pernah kita dengar keberadaannya. Nanti akan kita update lagi artikel unik tentang nama desa lainnya atau kamu juga bisa berbagi informasi menarik agar para sahabat juga tahu info baru. Semoga dengan artikel ini kita lebih mengenal indonesia dengan berbagai keragamannya.

I Love Indonesia….

Add Comment

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...