Fakta dan Mitos Tentang Bibir

Fakta dan Mitos Tentang Bibir

Halo Sahabat Cantik, tahukah kamu bahwa bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang unik? Memiliki fungsi penting bagi kehidupan manusia, misalnya sebagai pintu pembatas antara rongga mulut dan berbagai benda asing dari lingkungan sehingga terhindar dari debu ataupun berbagai bakteri kuman dari luar.

Selain itu, kita juga harus bersyukur, karena bibir manusia memiliki bentuk terbaik diantara makhluk lainnya. Dengan warna agak merah merona menjadikannya sangat menarik.

Hingga saat ini pun sudah banyak sekali berbagai macam perawatan untuk menjadikan bibir lebih menawan karena keindahan bibir itu sendiri sangat penting bagi sebagian besar orang, misalnya dengan menutrisi permukaan bibir dengan pelembab, melakukan sulam bibir untuk memperjelas bentuk serta warna bibir, hingga operasi bibir bagi yang merasa kurang puas dengan bentuk alaminya.

Namun tahukah Sahabat Cantik, bahwa dibalik bentuk sederhana bibir tersebut tersimpan banyak fakta dan mitos? Aditif akan membagi fakta dan mitos mengenai bibir. Disimak yuk!

  1. Mitos: Merokok menyebabkan bibirmu hitam

    Rokok Membakar Bibir

    Fakta: Pada dasarnya, merokok memang tidak secara langsung membuat bibir kamu menjadi hitam. Oleh karena itu, kegiatan merokok seringkali dianggap biasa saja bagi para pemula. Padahal, sebenarnya terdapat kandungan nikotin pada rokok yang dapat membuat bibir menjadi kering dan menghitam. Mulanya, nikotin akan merusak sirkulasi darah karena saat nikotin menyentuh sistem syaraf utama, hal tersebut akan menyebabkan tubuh bereaksi dan melepaskan lemak yang tersimpan ke aliran darah dan menempel pada dinding pembuluh, sehingga pembuluh tersebut lama-lama akan mengeras. Semakin lama, pembuluh akan semakin menyempit dan dapat terjadi penyumbatan yang mengganggu aliran darah dan berkurangnya kadar oksigen. Akibatnya, kulit akan mengering dan pucat, termasuk kulit bibir yang mengering dan menghitam. Nikotin juga menyebabkan berkurangnya penyerapan zat besi yang mengganggu proses pembentukan hemoglobin darah yang menyebabkan bibir menjadi menghitam.

  2. Mitos: Kebiasaan menjilati bibir dapat menjadi pelembab alami

    Menjilat bibir

    Fakta: Sebagian besar orang pernah mempercayai bahwa untuk menghindari bibir dari kekeringan dan pecah-pecah, kita dapat menjaga kelembapannya dengan membasahi atau menjilati bibir. Tahukah kamu bahwa justru dengan cara tersebut bibir kita akan semakin pecah-pecah karena adanya enzim amilase dan maltase pada air liur yang bersifat asam, yang mana berfungsi untuk mencerna makanan.

  3. Mitos: Berciuman akan membuat bibir sehat

    Ciuman Bibir

    Fakta: Banyak yang menyebutkan bahwa berciuman akan memberikan efek baik bagi tubuh karena tubuh akan melepas hormon dopamin yang akan membuat kita bahagia serta hormon serotonin yang akan membuat tubuh lebih rileks serta melepaskan stress. Namun perlu kamu ketahui bahwa ciuman juga memiliki dampak yang buruk, diantaranya yaitu sarang penyebaran bakteri juga penyakit, juga enzim dari liur yang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah.

  4. Mitos: Gunakan madu untuk menjaga bibirmu terhindar dari pecah-pecah

    Bibir merah merona dengan madu

    Fakta: Sejak jaman dahulu, banyak wanita percaya bahwa salah satu cara perawatan bibir yaitu dengan menggunakan madu murni. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata madu menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan bibir agar tampak merona. Caranya pun amat gampang, kamu cukup mengoleskan madu pada permukaan bibir, namun sebelum itu pastikan permukaan bibir telah bersih tanpa bekas lipstick ataupun pelembab bibir lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Sahabat Cantik dapat mengoleskan madu setiap malam sebelum tidur, hal ini tidak akan memberikan dampak negatif karena sifatnya yang alami.

  5. Mitos: Kamu dapat membaca kepribadian/karakter seseorang melalui bentuk bibir

    Bentuk bibir mencermikan karakter dan kepribadian

    Fakta: Hal ini dibenarkan oleh Jean Hanner, seorang ahli pembaca wajah. Ia mengatakan bahwa faktanya, setiap orang memang dilahirkan dengan figur yang berbeda-beda, begitu pula dengan bentuk bibir tiap orang, dan dari bentuk yang berbeda itu dapat dilihat kamu orang seperti apa. Namun untuk kebenaran tentang membaca kepribadian/karakter seseorang tersebut sebenarnya telah ada penelitian terhadap sejumlah orang dengan berbagai bentuk bibir yang telah digolongkan dalam beberapa jenis tertentu kemudian diamati juga kepribadian/karakter dari tiap individu tersebut.

Bibir merupakan salah satu sumber kecantikan bagi seorang wanita, bahkan kamu tidak perlu menggunakan riasan wajah untuk tampil cantik, cukup dengan menyunggingkan senyuman, maka kamu akan memancarkan cantik alami mempesona.

Tak jarang, kaum hawa menggunakan senjata ini untuk memikat pria idamannya, karena telah disebutkan oleh berbagai sumber, bahwa bibir wanita merupakan salah satu hal yang paling disenangi pria.

Nah, sudah tahu kan fakta dan mitos dari bibir? Jaga terus kecantikan bibirmu ya, Sahabat Cantik!

Add Comment

Loading Facebook Comments ...
Loading Disqus Comments ...